Kamis, 01 Desember 2011


BAB I
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini sangat pesat, hal ini memberi tanda bahwa semakin majunya peradaban manusia. Salah satu wujudnya adalah kesibukan manusia yang kian meningkat, hal inilah yang menuntut para ilmuwan untuk berusaha menciptakan suatu alat atau mesin yang berfungsi membantu kinerja manusia.
Kendaraan bermotor merupakan salah satu alat transportasi yang memerlukan mesin sebagai penggerak mulanya, baik untuk kendaraan roda dua maupun untuk kendaraan roda empat. Motor bakar merupakan salah satu mesin yang digunakan sebagai penggerak mula-mula alat transportasi. Motor bakar merupakan suatu mesin konversi energi yang merubah energi kalor menjadi energi mekanik. Dengan adanya energi kalor sebagai suatu penghasil tenaga maka sudah semestinya mesin tersebut memerlukan bahan bakar dan sistem pembakaran yang digunakan sebagai sumber kalor.  Motor bakar yang menggunakan bahan bakar bensin disebut dengan motor bensin dan motor bakar torak yang menggunakan bahan bakar solar disebut motor diesel.
Motor bensin memperoleh tenaga dari hasil pembakaran bahan bakar dan udara menghasilkan daya. Pada sepeda motor sebagian besar masih menggunakan karburator yaitu alat yang digunakan untuk mencampur antara bahan bakar bensin dan udara supaya menjadi gas pada motor bensin disebut karburator. (Haryono, 1995)
Dengan teknologi di bidang otomotif, khususnya kendaraan sepeda motor perkembangannya semakin maju pesat, contohnya kapasitas mesin ditingkatkan, sistim pengabutan bahan bakar menggunakan injector serta sistim pengapiannya dikendalikan secara elektronik. Ini semua diperuntukkan untuk meningkatkan performance sepeda motor, sehingga performance sangat penting dalam merancang dan memproduk suatu mesin motor yang mempunyai kapasitas mesin besar. Data tersebut sangat dibutuhkan karena akan menentukan unjuk kerja mesin kendaraan tersebut. Pada umumnya data engine performance yang tersedia terbatas pada torsi maksimum dan daya maksimum.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan generator, fungsi Generator sebagai alat yang dapat memberi pembebanan pada mesin saat mesin melakukan putaran, sehingga menghasilkan performance mesin yang diuji. Dari penelitian ini ingin diperoleh karakteriteristik daya, torsi dan konsumsi bahan bakar motor bensin.
Berdasar penjelasan di atas, sepanjang pengetahuan dan kemampuan penulis, maka penulis tertarik dengan mengambil judul “PENGUJIAN PERFORMANCE MESIN MOTOR BAKAR”
B.        Permasalahan
Permasalahan yang diambil dalam laporan Tugas Akhir  ini adalah menentukan berapa besarnya daya, torsi,dan konsumsi bahan bakar yang dikeluarkan oleh motor bensin
C.        Pembatasan Masalah
Untuk menjelaskan ruang lingkup permasalahan dan perhitungan, maka dalam penulisan laporan Tugas Akhir ini perlu diadakan batasan-batasan permasalahan, antara lain :
1.      Yang dijadikan mesin atau obyek permasalahan adalah Motor bensin
2.      Dalam penyusunan laporan ini pembahasan ditekankan pada :
a.       Hubungan antara putaran terhadap daya
b.      Hubungan antara putaran terhadap torsi
c.       Hubungan antara putaran terhadap konsumsi bahan bakar pada motor bensin
D.        Tujuan
Tujuan yang ingin diperoleh dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan Tugas Akhir ini adalah untuk memperoleh menganalisa performance motor bakar yang meliputi :
a.       Menghitung daya
b.      Menghitung torsi
c.       Menghitung konsumsi bahan bakar
E.        Manfaat
            Manfaat yang didapat dari hasil pengujian Performance Mesin Motor Bakar ini adalah :
a.       Sebagai salah satu acuan untuk memodifikasi sepeda motor bakar
b.      Pengujian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi tentang tingkat keakuratan dalam pengukuran daya, torsi dan konsumsi motor bakar.
c.       Menambah pengalaman dan wawasan tentang pengujian motor bakar sebelum digunakan
F.         Sistematika penulisan
BAB I             PENDAHULUAN
Dalam bab ini diuraikan tentang latar belakang, permasalahan, pembatasan masalah, tujuan, manfaat serta sistematika penulisan
BAB II                        TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini menjelaskan tentang pengertian umum motor bakar, prinsip kerja motor bensin 4 tak, pembakaran motor bensin 4 tak serta rumus perhitung daya, torsi dan konsumsi bahan bakar
BAB III          METODE PELAKSANAAN
Metode pelaksanaan menjelaskan tentang tempat dan waktu pelaksanaan, bahan dan alat uji yang digunakan untuk pengambilan data, pengujian, diagram alir pengujian, teknik pengambilan data dan analisa data
BAB IV          HASIL DAN PEMBAHASAN
Bab ini membahas hasil yang diperoleh dari hasil pengujian daya, torsi dan konsumsi bahan bakar serta pembahasan hubungan antara rpm terhadap daya, hubungan rpm terhadap torsi dan hubungan rpm terhadap konsumsi bahan bakar
BAB V            KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate